Persepsi Kubu Hidup Tanpa Menikah

Persepsi Kubu Hidup Tanpa Menikah

Apa yang terlintas dipikiranmu semasa kecil tentang pernikahan?

Kalau punya anak akan terbayang seperti apa?

Ada pernikahan yang mewah dan sederhana, kamu tinggal memilih. 

Aku Xuman, salah satu publik figur yang lagi naik daun. Di media secara terbuka aku menyatakan untuk tidak akan menikah. Aku berani memberi pernyataan ini agar wartawan tidak lagi menanyakan kisah percintaanku ketimbang karakterku pada konferensi pers film terbaruku. Being Single adalah pilihan hidupku.

Kisah percintaanku tidak begitu mulus, beberapa kali pacaran berujung putus atau ditinggal nikah. Terlalu sakit untuk memulai sesuatu yang baru lagi. Aku tidak tahu mengapa? mungkin sudah menjadi takdirku. Atau mungkin kutukan dari film pertamaku yang booming dengan judul "Kapan Bahagia?" menjadikan karakter yang aku perankan melekat padaku, menjadi sesorang yang tidak bisa menemukan kebahagiaan pada siapapun.

Kebahagiaan tidak selamanya didapatkan dari satu hal. Aku bahagia ketika single, menjalani hidup tanpa ada paksaan, tanpa ada kompromi dengan orang lain, dan yang terpenting tak ada hal yang menyakitkan yang akan diterima. Aku pun akan lebih banyak quality time bersama keluarga besarku.

Terus aku mulai mecari pembenaran atas prinsipku. Aku seorang Muslim, dan dalam banyak mazhab, ada yang menyatakan bahwa menikah adalah sunah dan tidak wajib. Dalam rukun islam pun tidak ada tentang pernikahan. Perkara kita tidak mengikuti sunah nabi, kan bukan hanya dalam 1 hal saja. Sunah lainnya pun sudah dijalankan, cuma 1 saja yang memang diluar batas kemampuanku secara batin yaitu tidak mau menikah.

Tidak semua orang beruntung memiliki kisah percintaan yang bahagia atau mendapatkan pasangan taaruf yang cocok. Ada yang berpikiran bahwa menikah adalah hal rumit yang mana kamu harus memilih seorang pasangan yang akan berada di dekatmu tiap hari, tiap malam, selama-lamanya. Dan saya salah satunya memikirkan hal kedua tersebut dengan kerasnya.

Ketika aku memikirkan hal ini, lewatlah dua remaja yang memeluk pasangannya dan menikmati kota Paris. Tidak mengapa, aku pun bahagia melihatnya.

img-1565332750.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar