Ada Kampung Warna Warni Baru di Sulawesi Tenggara

Ada Kampung Warna Warni Baru di Sulawesi Tenggara

Oleh: @adhitlan


    "Pobinci-binciki kuli" akrab di telinga masyarakat Buton yang memiliki pesan bahwa kita sebagai manusia hendaknya memiliki sikap tenggang rasa, janganlah mencubit orang lain kalau kamu juga tidak ingin dicubit. "Bolimo karo somanamo lipu" yang memiliki arti bahwa hendaknya mendahulukan kepentingan rakyat darpada kepentingan pribadi. Slogan-slogan tersebut sangat melekat pada keseharian masyarakat Buton di Kota Baubau. Katanya bila bertemu dengan orang Buton asli dimana pun dia berada, mereka dikenal sebagai orang yang "koadati" atau beradat, sopan santun kepada yang lebih tua atau dihormati akan mereka junjung.

    Hari ini saya berkesempatan ke Kota Baubau, dalam rangka acara Peresmian Kampung Tenun Warna-Warni di Desa Topa, Kel. Sula'a, Kota Baubau. Sula'a terletak di daerah peisisir pantai yang di sebut Topa. Mata pencarian warga Topa kebanyakan adalah nelayan dan penenun.

    Trend kampung warna-warni sebelumnya bisa kita temukan di salah satu daerah di Kota Malang dan Semarang. Perbedaanya akan terlihat pada corak yang diusung. Khusus di Kota Baubau, kalian akan menjumpai warna rumah-rumah warga yang diadaptasi dari corak Kain Tenun Buton. 

img-1537522166.jpg

    Bila diperhatikan corak Kain Tenun Buton memiliki perbedaan, corak garis-garis dipakai khusus untuk perempuan. Sedangkan corak kotak-kotak untuk dipakai laki-laki. Indah-indah ya warnanya... sangat sepadan dengan rumah-rumahnya. Rumah panggung atau disebut Banua Tada merupakan ciri khas rumah adat di Pulau Buton. 

img-1537522614.jpg

img-1537522559.jpg

    Ada ratusan rumah dan kapal yang diwarnai, kemudian dilengkapi juga dengan mural-mural kreatif seperti foto di atas ini. Memakan waktu lebih dari 2 bulan loh pengerjaanya. Ini merupakan upaya CSR dari Pacific Paint Indonesia dalam merayakan ulang tahunnya ke 75 tahun. Semoga banyak desa-desa di Indonesia yang dihampiri oleh Pacific Paint ya. Bila ke Kota Baubau, jangan lupa mampir untuk foto-foto di Kampung Tenun Warna-Warni, Sula'a. Jangan lupa juga untuk membeli kain Tenun Buton dari pengrajin di sana.  


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar